Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

3 Penyebab Sariawan dan Cara Menghindarinya

Written By keripix singkong on 31/03/15 | 20.10

Sariawan adalah sebuah luka terbuka di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama sekali pada saat mulut digerakkan misalnya untuk berbicara maupun untuk mengunyah makanan. Penyakit sariawan ini akan hilang dengan sendirinya kurang lebih selama dua minggu setelah sakit pertama kali dirasakan oleh pasien.



Sariawan disebut juga dengan canker sores, ulkus afiosa, seriawan, atau stomatitis aftosa sangatlah mengganggu penderitanya meskipun sebenarnya bukanlah penyakit yang serius.

Pernahkah kalian mengalami sakit ini, namun setelah diobati tapi beberapa hari kemudian muncul kembali sakit sariawan. Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya kok bisa sering muncul hal seperti ini.


3 Penyebab Sariawan

Sariawan itu sebenarnya disebabkan oleh tiga hal ini.
  1. Alergi.
  2. Hormonal.
  3. Stres.

Alergi.

Jika disebabkan oleh alergi, maka cara menghindarinya adalah dengan cara menghindari pencetus timbulnya alergi, seperti debu, suhu yang dingin, atau makanan seperti nanas, pisang, tergantung dari pencetus alergi tersebut.

Hormonal.
Hormonal ini biasanya terjadi pada wanita, dan jika penyebabnya adalah hormonal itu berhubungan dengan siklus haid atau menstruasi pada wanita.

Stres.
Dan jika stres, cara menghindarinya adalah dengan cara manajemen stres, managemen hati, menikmati semua pekerjaan yang kita jalani sehari-hari dan selalu berpikir positif terhadap semua hal yang terjadi, disertai dengan istirahat yang cukup. 
20.10 | 0 komentar

Bahaya Pemutih Instan untuk Wajah

Written By keripix singkong on 29/03/15 | 20.08

Tak peduli pria maupun wanita, pasti ingin sekali memiliki wajaha yang canti dengan kulit wajah yang bersinar seperti rembulan. Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk mewujudkan impian mereka dan salah satunya adalah dengan pemutih instan untuk wajah, termasuk krim krim pemutih.


Padahal, produk-produk instan whitening cream yang kandungannya tidak jelas, bisa berakibat fatal pada kulit. Krim pemutih instan yang berbahaya tersebut biasanya akan cepat menimbulkan efek pada kulit. Kulit akan menjadi putih secara drastis, kemudian akan memerah jika terkena kulit yang sensitif.

Kemudian wajah akan tampak mengkilapjika terkena sinar matahari langsung. Hal ini berarti dampaknya akan langsung terlihat. Krim pemutih instan tak hanya memberikan efek cepat pada perubahan kulit, tapi juga memberi dampak buruk bagi kulit.

Salah satu dampak yang ditimbulkannya adalah kulit akan mengalami iritasi dan gatal. Selanjutnya sedikit demi sedikit, kulit akan mengelupas dan memerah. Itulah dampak jangka pendeknya, sedangkan yang paling parah adalah akan mengalami kanker kulit, dalam pemakaian yang lama atau jangka panjangnya.

Ada sebuah solusi yang perlu diketahui jika seseorang ingin memakai krim pemutih instan, biar tepat guna. Yang terpenting adalah jika ingin menggunakan whitening cream instan, kita harus mengerti kandungan bahan yang ada di dalamnya. Carilah yang mengandung bahan alami dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda. 
20.08 | 0 komentar

Bahaya Mi Instan untuk Anak

Written By keripix singkong on 27/03/15 | 20.05

Siapa yang tak suka dengan mi instan. Mi instan dikonsumsi oleh hampir semus kalangan. Mi instan sepertinya menjadi makanan pokok dalam kehidupan. Bahkan bagi anak-anak, sarapan menggunakan mi instan itu merupakan hal yang biasa saja, padahal sebenarnya mi instan itu mengandung cukup bahan berbahaya bagi tubuh kalau dikonsumsi setiap hari.



Kandungan mi instan lebih banyak mengandung protein hampir sama dengan kandungan protein dalam nasi. Jadi, kalau mengonsumsi nasi ditambah dengan mi instan itu akan menjadikan protein yang bertumpuk masuk ke dalam tubuh. Malah terkadang kandungan natrium di dalam mi instan bisa bertahan lama di sistem pencernaan manusia.

Mi instan yang masuk ke dalam tubuh memerlukan waktu 4-4 jam untuk dicerna oleh lambung. Jika ini dilakukan terus menerus, maka akan menambah beban kerja dari lambung saja. Makanya sangat disarankan untuk mengonsumsi mi instan tidak tiap hari.

"Akan tetapi, mengonsumsi mi instan yang berlebihan bisa mengakibatkan pencernaan terganggu. Agar ada keseimbangan makanan yang masuk dalam tubuh, disarankan menambahkan sayuran hijau pada mi instan yang akan dikonsumsi."

Kandungan Mi Instan

Selain kandungan tepung yang terdapat dalam mi instan, kita juga harus memperhatikan kandungan bumbu dalam mi instan ini. Karena instan, membuatnya juga serba instan, dimana bumbu mi instan banyak mengandung vetsin, monosodium glutamat (MSG), kandungan garam yang cukup tinggi dan juga kaldunya.

Mengenai kaldu, apakah itu kaldu sungguhan atau buatan, ini juga perlu kita perhatikan sebelum dikonsumsi oleh anak-anak. Kebanyakan bumbu yang digunakan untuk mi instan mengandung bahan pengawet. Hal ini bisa memicu perkembangan sel kanker. Misalnya anak yang dideteksi memiliki bibit sel kanker di dalam tubuhnya, kalau dibiarkan mengonsumsi mi instan secara berlebihan, sel kanker di dalam tubuhnya akan berkembang lebih cepat.

Kandungan zat oksida dalam tepung dan bumbunya bisa masuk ke dalam tubuh si anak. Dan kalau tubuh kelebihan zat oksida ini, maka bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Dari itu, sebaiknya kalau bisa mengonsumsi juga makanan yang mengandung zat antioksida agar tubuh dalam keadaan seimbang.

Cara Terbaik Konsumsi Mi Instan

Pertama.
Dalam mengonsumsi mi instan apalagi untuk anak kecil, sebaiknya diimbangi dengan makanan lain, misalnya ditambahkan sayuran hijau, tomat atau bawang putih saat sedang dimasak. Karena sayuran inilah yang berfungsi untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh sehingga zat oksidan yang masuk dalam tubuh bisa dinetralisir.

Kedua
Pada saat memasak mi instan sebaiknya air rebusan pertama dibuang, kemudian dimasak lagi. Tujuannya adalah bisa mengurangi kandungan bahan pengawet dalam mi instan. Tindakan seperti ini akan lebih aman daripada yang tidak membuang air rebusan pertamanya.

Ketiga.
Kemudian tips yang terakhir adalah dengan tidak berlebihan dalam mengonsumsi mi instan. Konsumsi mi instan sih boleh-boleh saja, tapi jangan berlebihan serta jangan setiap hari karena tidak baik untuk kesehatan anak. Saat yang disarankan oleh ahli kesehatan adalah seminggu sekali makan mi instan. 
20.05 | 0 komentar

Perawatan agar Wajah Lebih Cerah

Written By keripix singkong on 25/03/15 | 20.02

Kubaca di harian memo, di situ ada konsultasi kecantikan.

Tanyanya:
Wanita banyak flek dan wajah berminyak. Apakah ada serum yang bisa membuat wajah lebih cerah? Apa bisa memakai collagen lotion.

Jawab Bu Dokter:
Sebab-sebab timbulnya flek atau hyperpigmentasi adalah sinar matahari UVA dan UVB, obat-obatan anti kehamilan, susuk, suntik, pil KB, faktor kehamilan, dan kebiasaan menggosok-gosok kulit.

Untuk kulit berminyak dan flek, perawatannya adalah sebagai berikut:

Pagi hari.
Gunakan milk cleanser, lalu facial wash, skin tonic, sunscreen gel dan terakhir whitening cream pada bagian yang berflek.

Sore hari.
Gunakan eye make up remover, kemudian milk cleanser, skin tonic, dan lightening cream.

Malam hari.
Aplikasikan kembali eye make up remover, milk cleanser, skin tonic, dan terakhir AHA skin repair gel.

Untuk mencerahkan kulit wajah, Anda dapat menambahkan pemakaian ekstrak cucumber sebelum pemakaian sunscreen geli pagi hari dan sebelum pemakaian AHA skin repait gel pada malam hari. Dalam masalah ini, collagen tidak perlu dipakai. 
20.02 | 0 komentar

Mengenal Penyebab Jerawat Pasir

Written By keripix singkong on 23/03/15 | 19.56

Mengenal Penyebab Jerawat Pasir - Sebenarnya jerawat pasir ini sama dengan jerawat pada umumnya. Jerawat pasir lantaran bentuk jerawatnya yang kecil-kecil dan jumlahnya tidak sedikitdan mengumpul. Inilah yang membuat jerawat pada wajah ini disebut dengan jerawat pasir. Jerawat pasir ini kebanyakan juga menempel di daerah pipi dan dahi.

Jerawat pasir bisa diistilahkan dengan komedo yang tertutup dalam lapisa kulit. Jerawat ini tak hanya dialami pada usia remaja saja, namun juga oleh orang dewasa.



Produksi minyak yang berlebih pada wajah tak hanya mengurangi kecantikan saja, namun juga memicu tumbuhnya jerawat pasir. Dengan ukurannya yang kecil, jerawat ini biasanya tumbuh dengan jumlah yang tak sedikit.

Oleh karena itu, rajin membersihkan wajah dan memakai scrub, akan menghindarkan kulit dari kosmetik yang tak sesuai dengan jenis kulit. Sebagaimana jerawat lainnya, jerawat pasir juga bisa diatasi dengan tips meengatasi jerawat pada umumnya.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah dengan rajin membersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Penybab utama jerawat adalah produksi minyak yang tidak terlontrol. Karena itu, dengan rajin membersihkan wajah dari keringat, minyak, debu, dan sisa kosmetika pada wajah akan senantiasa terangkat.
19.56 | 0 komentar

Kisah Nyata Pengalaman Terkena Serangan Jantung Ringan

Written By keripix singkong on 21/03/15 | 07.53

Banyak orang mengenal serangan jantung seperti yang digambarkan dalam film atau sinetron, yakni mata mendelik, dada sesak, dan tangan memegangi dada ketika pingsan.

Padahal, adakalanya rasa sakit tidak mengikuti pola tertentu, bahkan tanpa diikuti rasa nyeri dada.

Simak kisah serangan jantung seperti yang dialami M Latief (38). Jurnalis yang memiliki hobi naik gunung ini mengalami serangan jantung ringan dengan gejala mirip masuk angin. Inilah pengalamannya.


Serasa baru selesai joging jarak jauh, keringat seketika mengucur deras dari kening, leher, dan sebagian badan saya. Anehnya, itu keringat dingin, bukan hangat. Dingin sekali.

Sedetik keringat menderas, tiba-tiba dada juga terasa sesak, diikuti tengkuk hingga bahu yang menegang. Fun City, tempat permainan anak Margo City, Depok, tempat saya berdiri itu, seperti pelan-pelan menyempit, mengimpit.

Pikiran saya mulai kalut. Maklum, baru kali ini mendadak kondisi badan drop secepat itu dengan tanda-tanda yang aneh, tak biasanya.

Ketika itu, rasa sesak di dada semakin menjadi. Awalnya memang sesak biasa, tetapi perlahan-lahan makin terasa nyeri, seperti diremas-remas dengan keras, bahkan lebih dari itu, seperti diinjak-injak. Napas makin sulit.

"Aneh, kok begini," batin saya.

Maklum, perubahan kondisi tubuh mendadak seperti ini baru saya alami. Rasanya seperti masuk angin, tetapi anehnya bukan seperti masuk angin biasa. Lebih dari masuk angin.

Pelan-pelan saya coba bernapas. Keringat makin deras. Kaki juga mulai lemas.

Ada sekitar hampir tiga menit perubahan aneh itu berlangsung pada diri saya. Saya lalu panggil kedua anak saya.

"Abang, adik, ayo udahan dulu mainnya. Dada ayah sesak, ayah mau ke dokter sekarang. Nanti kalau ketemu ibu, kamu bilang ke ibu ya, Bang, dada ayah sesak dan keluar keringat dingin," kata saya kepada kedua putra saya, Azka (9) dan Azzam (5).

Sebelum kejadian itu, istri saya memang izin pergi sejenak ke toilet. Hanya saya yang menemani kedua anak saya di tempat hiburan di lantai dasar pusat belanja tersebut. Namun, tak sampai lima menit istri saya pergi, kejadian itu berlangsung.

Saya dan kedua anak saya pun bergegas ke lantai satu, menyusul istri saya. Prinsip saya, jalan pelan-pelan dan usahakan tetap sadar atau tidak pingsan. Otak saya hanya memerintah untuk selekasnya ke rumah sakit.

Hanya dituntun dua bocah berumur belum genap 10 tahun, saya cuma bisa pasrah. Sambil menahan sesak, saya berjalan pelan-pelan dituntun kedua anak saya. Azka di kiri, Azzam memegang tangan kanan.

Saya tak menghiraukan ramainya pusat belanja ini. Meskipun kepala tidak terasa pusing, kaki saya lemas sehingga saya harus pelan-pelan mengikuti langkah kedua anak saya. Bahkan, dengan berusaha tetap tenang, kami bisa melewati eskalator menuju lantai satu.

"Lho, kamu kenapa? Kok dingin banget? Kamu masuk angin nih kayaknya," kata istri saya, setelah kami bertemu dengannya.

Azka, anak saya yang nomor satu memotong. "Dada ayah sesak, keringatnya dingin Bu, ayah minta ke dokter," ujar Azka.

Saya masih sadar, tetapi saya memang sudah tak mau bicara apa-apa. Dada saya makin sesak. Karena itu, saya biarkan anak saya yang bicara untuk menghemat energi supaya tidak pingsan.

"Kamu masuk angin nih. Ya sudah, kita pulang sekarang saja ya," kata istri saya.

"Enggak, ini aneh. Rumah sakit... ke rumah sakit sekarang," kata saya.

"Kok ke rumah sakit. Pulang aja ya. Kamu tunggu dan duduk di sini, aku beli minyak angin dulu," jawab istri saya.

Nyaris, marah saya meledak. Tetapi saya sadar, marah hanya akan menguras energi. Jadi, saya acuhkan ucapan istri saya.

Saya juga tak mau duduk, tetapi tetap berdiri sembari berpegangan pada dinding mal. Pikir saya, duduk hanya akan bikin sesak di dada semakin parah.

Setengah berlari, istri saya kembali menghampiri. Dia baru selesai dari apotek.

"Kamu masuk angin nih, sini aku olesin dada kamu. Punggungnya juga sini," kata istri saya.

Saya diamkan istri saya berbuat demikian. Tetapi, hati saya makin kuat bahwa ini bukan masuk angin. Entah, feeling saya bilang lain.

"Sekarang ke rumah sakit. Cari taksi sekarang. Ini jantung, jantung," bentak saya.

Tanpa banyak cakap, kami berempat bergegas ke luar pusat belanja. Dari tempat kami berdiri, gerbang mal ini masih sekitar 200 meter.

Rasanya, sudah lebih dari lima menit perubahan aneh pada kondisi badan saya ini berlangsung. Saya sadari itu. Maka, pelan-pelan kami berjalan melewati kerumunan. Saya dituntun kedua anak saya di kiri dan kanan. Istri saya berjalan di belakang untuk menahan punggung saya.

"Itu taksi," kata istri saya, beberapa meter di pintu gerbang.

"Pak, ke rumah sakit ya, yang paling dekat," ujar istri saya.

Taksi langsung meluncur. Namun, baru sesaat masuk ke jalan raya, panik mulai melanda. Bukan apa-apa, dada saya makin sesak. Dashboard taksi ini seperti mengimpit. Badan saya juga makin lama semakin lemas.

"Tuhan... saya ingin sampai lebih dulu ke rumah sakit, jangan dulu biarkan saya mati," batin saya terus berkata demikian di antara istigfar saya di mulut.

Doa saya terkabul. Saya sadari itu meskipun mata saya terpejam menahan sakit di dada. Pasalnya, Jalan Margonda Raya yang biasanya macet pada hari libur, siang itu nyaris lengang. Hari itu, Kamis, 29 Mei 2014, adalah hari libur Kenaikan Isa Almasih.

Tak sampai 10 menit, saking ngebutnya, taksi sudah berbelok ke Rumah Sakit Mitra Keluarga, tak jauh dari Terminal Depok.

Tiba di UGD, semangat saya kembali muncul. Saya keluar dari taksi sendiri tanpa dibantu sopir taksi. Saya berjalan pelan-pelan, dan tetap diapit kedua anak saya serta istri saya yang menahan bahu saya dari belakang.

"Dada sesak, keringat dingin," ujar istri saya ke petugas UGD yang datang membuka pintu sembari menyorongkan tempat tidur.

Saya ingat betul, saat itu saya langsung diminta duduk di tepi tempat tidur dan diminta diam sebentar.

"Angkat lidahnya, Pak, telan ini dan habiskan," ujar seorang petugas sembari memasukkan obat berbentuk bubuk ke balik lidah saya.

Sekonyong-konyong, selesai melumat obat tersebut, nyeri di dada saya perlahan menghilang. Petugas pun meminta saya berbaring, dan kemudian memasangkan selang oksigen ke hidung saya. Tangan kiri saya pun lantas diberi cairan infus.

Memang, meskipun rasa sesak di dada belum hilang, nyerinya sedikit berkurang. Untuk itulah, saya diminta lagi untuk menghabiskan obat yang juga sudah disiapkan oleh seorang suster.

Ada tujuh butir obat disorongkan suster itu kepada saya. Sambil membawa segelas air, dia meminta saya selekasnya minum obat tersebut.

"Habiskan, Pak," ujarnya.

Hanya lima menit seusai menenggak habis ketujuh obat itu, nyeri di dada saya hilang seketika. Tak ada lagi sesak, apalagi nyeri. Suhu tubuh saya pun mulai berubah menjadi hangat.

Seorang dokter muda, dokter jaga di UGD, tampak menghampiri saya. Ia bilang, tujuh obat itu adalah obat jantung.

"Bapak kena serangan jantung ringan. Terlambat lima menit saja, mungkin Bapak sudah enggak ada lagi. Baiklah, Bapak kami rawat di sini ya," ujar dokter muda tersebut.

Saya cuma mengangguk lemah. Dari balik pintu UGD, saya lihat Azka dan Azzam, melambai-lambaikan tangan ke arah saya sembari tersenyum. Kedua "pahlawan" saya itu tidak diizinkan masuk ke dalam ruangan, termasuk istri saya yang repot ke sana kemari mengurus perawatan selanjutnya.


Pembengkakan jantung


Hari ini, Kamis (5/6/2014), tepat seminggu lalu serangan jantung ringan itu terjadi, kondisi saya sudah berangsur pulih dan semakin baik setelah dirawat selama enam hari di RS Mitra Keluarga. Vonis dokter, saya harus mengurai kembali pola hidup sehat agar kejadian itu tak lagi terulang.

Saya tak punya riwayat jantung. Saya pun suka berolahraga, terutama joging, meskipun hanya dua kali seminggu. Bahkan, pada umur 38 tahun ini saya masih menyalurkan hobi saya mendaki gunung.

Ya, dua pekan sebelum kejadian ini, saya juga baru pulang mendaki Gunung Gede, Jawa Barat, bersama teman-teman. Saya rutin mendaki gunung setahun satu atau dua kali.

"Bapak memang kelihatan sehat dan banyak orang terkena serangan jantung juga dalam kondisi sehat. Tapi, kemarin itu, saat serangan datang, jantung bapak lemah untuk memompa oksigen. Sekarang, kondisi Bapak sudah membaik, meskipun masih ada pembengkakan. Bapak harus mengubah pola makan dan stop merokok," kata Dr Bona Dwiramajaya H, SpJP, FIHA, yang merawat saya.

Beruntung, penanganan ketika terjadi serangan itu bisa dilakukan secara cepat dan tepat, terutama berkat bantuan istri dan kedua anak saya. Biasanya, dengan gejala umum seperti keringat dingin yang berlebihan, dada sesak dan nyeri, serta tengkuk dan bahu tegang bukan main, waktu-waktu krisis (golden time) kala serangan itu datang, orang masih belum ngeh bahwa itu serangan jantung ringan. Lazimnya, orang berpikir itu adalah masuk angin.

Memang, tak bisa dimungkiri, gejalanya seperti masuk angin, yang dalam bahasa Betawi, sudah kedalon atau akut. Orang sering kali menganggapnya demikian. Bedanya, datangnya sangat tiba-tiba dan berbarengan, mulai dari keringat dingin berlebihan, dada sesak dan lebih nyeri, terasa tegang atau pegal mulai sekitar tengkuk hingga bahu.

Di situlah feeling yang kuat perlu Anda gunakan jika sewaktu-waktu gejala itu menimpa Anda. Pasalnya, Anda sendiri yang merasakannya, bukan orang-orang di sekitar Anda. Maka, camkan bahwa itu bukan masuk angin biasa.

sumber:
health.kompas.com
07.53 | 0 komentar

4 Gaya Berjalan Mencerminkan Kepribadian Seseorang

Seperti halnya pakaian yang dikenakan atau cara berbicara, gaya berjalan juga mencerminkan kepribadian Anda.

Para peneliti asal Swiss dan Inggris menemukan, orang kerap membuat penilaian konsisten dari cara berjalan, namun penilaian tersebut mungkin sering tidak tepat.

"Kesan seseorang dari cara berjalannya lebih kuat daripada kenyataannya," ujar John Thoresen, doktor dari Durham University.


Menurut Patti Wood, pakar bahasa tubuh dan penulis buku Snap: Making the Most of First Impressions, meskipun kepribadian tak selalu bisa dinilai dari luar, namun ada beberapa kategori luas yang menunjukkan jenis kepribadian seseorang, salah satunya lewat gaya berjalan.

Kebanyakan cara berjalan orang merupakan kombinasi dari kategori-kategori ini, meski ada satu cara jalan yang benar-benar dominan.

Nah, ingin tahu kepribadian dari cara berjalan? Berikut empat kategori besarnya.

4 Gaya Berjalan Mencerminkan Kepribadian Seseorang

1. Si Penyetir

Berjalan dengan cepat dan fokus, terkesan seperti ia harus segera pergi ke suatu tempat dan tahu apa yang harus ia kerjakan di sana. Menurut Wood, jika si penyetir bertabrakan dengan orang di jalan, ia akan merasa sangat terganggu. Si penyetir juga terbiasa melakukan multitasking saat berjalan, misalnya sambil berkirim pesan atau menelepon.

Wood mengatakan, orang dengan cara berjalan seperti ini akan dinilai sebagai orang yang fokus, namun dingin dan sulit didekati. Inilah yang mengakibatkannya sulit dekat dengan rekan kerjanya.

Ia menyarankan supaya si penyetir berusaha menurunkan kecepatan jalannya dan lebih banyak menyapa, memberikan senyum, dan melakukan kontak mata dengan orang-orang yang ia lewati. "Sekali-kali berhenti untuk mengucapkan salam juga tidak masalah," kata dia.

2. Si Pengoreksi

Bertolak belakang dari si penyetir, si pengoreksi cenderung berjalan lambat dan berhati-hati. Mata si pengoreksi saat berjalan akan lebih banyak melihat ke arah kaki dan tanah. Ia juga cenderung berjalan di pinggir agar tak mengganggu jalan orang lain.

Kebanyakan orang berpikir si pengoreksi adalah penyendiri dan peragu. Orang juga menilai ia adalah orang yang introvert dan pemalu sehingga sulit didekati.

Wood menyarankan supaya si pengoreksi lebih membuka matanya dan lebih percaya diri. Si pengoreksi juga perlu untuk banyak berjalan dan berbicara dengan rekan kerjanya. Jika perlu berjalanlah berdampingan sambil bicara untuk melatih rasa percaya diri.

3. Si Pemberi Pengaruh


Ia berjalan lebih cepat, meskipun tidak secepat si penyetir, langkahnya ringan dan berenergi. Ia terlihat menyukai gerakan tubuhnya saat berjalan dan terlihat dekat dengan orang-orang yang dilewatinya. Ia juga gemar tersenyum, melambaikan tangan, dan berteriak. Dadanya membusung, bahunya tertarik, kepalanya tegak.

Orang menilainya menyenangkan dan berkarisma, namun kadang berlebihan. Maka Wood menyarakankan kepada si pemberi pengaruh supaya mengurangi kecepatan berjalannya, pelajari lagi gerakan tubuh dan antusiasme diri sendiri dari waktu ke waktu.

"Ketahuilah situasi saat Anda berjalan. Perlukah saat itu "menunjukkan diri" atau tidak," kata dia.

4. Si Pendukung

Berjalan dengan kecepatan sedang dengan postur yang santai. Langkahnya halus, tidak cepat, gesturnya ringan dan tidak berlebihan. Orang akan berpikir ia orang yang fokus terhadap tugas. Namun sesekali ia perlu menunjukkan dirinya pada orang. Wood mengatakan, si pendukung perlu berjalan sedikit lebih cepat dan katakan pada diri sendiri tujuan dari berjalan.

sumber:
health.kompas.com
07.48 | 0 komentar

4 Penyakit yang Ditandai dengan Pingsan

Written By keripix singkong on 19/03/15 | 07.43

Pernahkah Anda pingsan? Apalagi yang sifatnya tiba-tiba saja, maka wajib hukumnya untuk diwaspadai. Gangguan kesehatan yang berupa seringnya pingsa ternyata perlu diwaspadai. Karena hal ini bisa jadi merupakan indikasi dari sebuah penyakit yang mengkhawatirkan pada diri Anda.



Penyebabnya adalah karena otak tidak mendapat cukup oksigen dan zat makanan yang menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah yang menuju ke otak. Otak membutuhkan aliran darah untuk mensuplai oksigen dan glukosa ke sel-sel tubuh, dan jika alirannya terganggu maka bisa pingsan lah manusia.

4 Penyakit yang Ditandai dengan Pingsan

Ternyata pingsan bisa menimbulkan kepanikan yang jarang diperkirakan oleh banyak orang yang salah satunya adalah penyakit nomor whid di dunia yaitu penyakit jantung yang telah banyak menelan korban.

1. Penyakit Jantung.



Adanya gangguan pasokan aliran darah menuju otak karena adanya sumbatan yang terjadi, bisa tersumbat oleh lemak dan lain sebagainya. Jantung tak bisa memasok oksigen secara normal ke otak.

2. Anemia.

Anemia adalah suatu kondisi kekurangan sel darah merah. Ini disebabkan karena tidak cukupnya sel darah merah yang digunakan untuk memasukkan oksigen ke otak. Anemia disebabkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh atau pendarahan misal menstruasi.

3. Dehidrasi.

Yaitu kekurangan cairan dalam tubuh. Mengingat karena selain oksigen, juga terdapat zat makanan yang harus dibawa ke otak melalui pembuluh darah, jika kekurangan cairan, maka akan mengganggu proses aliran darah dan menyebabkan seseorang pingsan.
4. Perubahan tekanan darah.

Ditandai dengan kondisi jantung dan pembuluh darah yang tidak bereaksi cukup cepat ketika kebutuhan oksigen dalam tubuh berubah. Misalnya saja pada saat kondisi berdiri terlalu lama atau bekerja keras terlalu lebih dari kemampuan. 
07.43 | 0 komentar

8 Bahaya Merkuri pada Kosmetik

Written By keripix singkong on 17/03/15 | 06.46

Masih ingatkah pada awak tahun 2015 yang lalu mengenai penggerebekan sebuah rumah di Bandung yang diduga digunakan sebagai tempat untuk memproduksi kosmetika ilegan kan. Ribuan produk kosmetika siap edar telah disita oleh polisi karena melakukan kegiatan elegal yang meresahkan masyarakat.



Polisi kemudian mengetahui lebih jelas lagi bahwa barang-barang yang diolah para pekerja tersebut adalah kosmetika import yang dicampur dengan bahan berbahaya yakni MERCURY. Mercury ini bukan untuk membuat kulit jadi halus dan mulus, malah sebaliknya bisa merusak jaringan kulit bagi pemakainya.

Nah, dari berita tersebut, lebih jauh, apa sih bahaya dari mercury ini pada kosmetika.

"Pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri bukan membuat wanita tambah cantuk, tetapi justru membahayakan wajah pemakainya."

Berikut Bahaya Pemakaian Kosmetik yang Mengandung Merkuri

1. Memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran, mandul bahkan kematian janin.

2. Flek hitam pada kulit akan memucat, seakan pudar dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat timbul lagi dan bertambah parah, melebar.

3. Efek Rebound, yaitu memberikan respon berlawanan, kulit akan menjadi gelap kalau pemakaian kosmetik dihentikan.

4. Bagi wajah yang dulunya bersih, lambat laun akan timbul flek yang sangat parah dan lama-kelamaan berubah keabu-abuan dan selanjutnya berganti kehitaman.

5. Dapat mengakibatkan kanker kulit.

6. Pada pemakaian awal dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.



7. Tidak timbul jerawat sama sekali.
Hal ini disebabkan lapisan kulit epidemis telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein dan melanin yang berfungsi untuk melindungi radiasi dari paparan sinar matahari.

8. Pori-pori tampak mengecil dan halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah telah menipis dan tergerus oleh logam merkuri.

Nah, kalau kulit sudah tidak berfungsi lagi sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang tercemar merkuri, termasuk dan serangga lainnya. Tapi hal ini hanya bersifat sementara, jika kondisi kulit telah rusak, bisa timbul benjolan-benjolan yang bernanah.
06.46 | 0 komentar

Kosmetik yang Dilarang saat Hamil

Written By keripix singkong on 15/03/15 | 06.45

Tampil dengan kulit yang sehat dan cerah tentu dambaan setiap wanita. Namun ketika hamil, tidak semua treatment dan kosmetik dapat digunakan, karena akan berpengaruh bagi perkembangan dan kesehatan janin. Mengapa bisa demikian serta kosmetika apa saja yang dilarang?



Kehamilan merupakan suatu anugerah yang harus disyukuri. Namun ketika hamil, hormon dalam tubuh mengalami perubahan, oleh karena itu, harus selwktif dalam mengonsumsi obat, kosmetik dan perawatan kecantikan. Perawatan yang bisa dilakukan pada saat hamil adalah facial dan pemakaian krim-krim tertentu.

Ada beberapa ranbu-rambu yang harus diperhatikan bagi ibu hamil yang ingin melakukan perawatan tubuh. Antara lain adalah bahan yang digunakan aman dan tidak diserap oleh kulit dalam jumlah yang membahayakan sehingga bisa berpengaruh terhadap janin, terutama pada trimester pertama. Pada fase ini terjadi pembentukan anggota tubuh pada janin.

Stop Obat Jerawat

Ada beberapa obat atau bahan yang tidak boleh digunakan oleh ibu yang sedang hamil.

1. Oral Retinoid (asam vitamin A sistematik).

Ini biasanya digunakan untuk terapi jerawat sebab mempunyai efek teratogenik, yaitu bisa menyebabkan berberapa kecacatan pada janin. Obat ini sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

2. Retinoid Topikal.

Menurut beberapa penelitian, penyerapan secara sistematik masih diragukan dan kadar retinoid dalam darah ternyata tidak meningkat dengan pemakaian retinoid tropikal dua kali sehari selama satu bulan pada konsentrasi tretinoin 0,025% dan dioleskan lebih dari 40% permukaan tubuh. Meskipun belum ada bukti bahwa topikal retinoid tidak menyebabkan efek teratogenik pada kehamilan, sebaiknya ibu hamil menghindari pemakaian bahan ini.

3. Antibiotik.

Pemberian antibiotika topikal untuk pengobatan jerawat yang aman adalah eritromisin. Oral antibiotika yang aman diberikan pada ibu hamil adalah dari golongan eritromisin. Pemberian tetrasiklin oral dilarang selama kehamilan dan menyusui karena bisa menyebabkan kelainan pewarnaan pada gigi.

Treatment

Selain pada produk kosmetik dengan bahan yang sudah disebutkan di atas, untuk perawatan pun juga harus diperhatikan. Salah satu treatmen yang harus dihindari adalah treatment laser.

Meskipun laser tidak menyebabkan radiasi seperti pada sinar rontgen, akan tetapi sebaiknya dihindari terlebih dahulu selama masa kehamilan.

Bahan Nonmedis

Semua jenis kosmetik yang berhubungan dengan formula kedokteran tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Biasanya perawatan yang menggunakan krim dokter yang mengandung vitamin A dan retinoid, karena dapat menjadi toksis untuk janin yang dikandung oleh ibu.

Untuk perawatan dokter yang menggunakan krim pemutih, serta obat jerawat dan obat antibiotik topikal (oles) harus dihindari, terutama tiga bulan pertama. Bahan lain yang tidak boleh digunakan adalah kosmetik yang di dalamnya terkandung vitamin A serta produk turunan vitamin A.

Sementara untuk treatmen, hampir semua perawatan tidak boleh, terutama treatmen yang mengandung rasa sakit seperti botox, filler, laser dan sebagainya. Rasa cemas akan membuat rahim kontraksi di luar kewajaran, sedangkan kosmetik yang diperbolehkan adalah kosmetik yang mengandung AHA dan vitamin C.
06.45 | 0 komentar

Mencerahkan Kulit dengan Rumput Laut

Written By keripix singkong on 13/03/15 | 06.42

Selain lezat saat disajikan dalam bentuk makanan, rumput laut ternyata sangat baik sebagai nutrisi kulit. Diolah menjadi masker, rumput laut berkhasiat melembabkan dan mencerahkan kulit tubuh secara alami.

Bagi kulit sendiri, rumput laut memiliki kandungan vitamin A, B kompleks dan K yang berguna untuk membuat kulit lebih lembab dan kencang. Selain vitamin di atas, juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, si penangkal radikal bebas.


Rumput laut juga berkhasiat mencerahkan dan mengatasi kulit kusam. Kandungan vitamin C-nya yang begitu tinggi juga mampu mencegah penuaan dini serta menghilangkan noda hitam pada kulit.

Ada beberapa tahapan jika ingin mendapatkan kulit cerah dan fresh melalui treatment body spa dengan rumput laut.

1. Sauna.

Sauna berfungsi untuk membuka pori-pori kulit sehingga menyiapkan kulit untuk bisa menerima nutrisi dengan maksimal.

2. Massage.

Setelah disteam selama kurang lebih 15 menit, tubuh akan di massage selama 60 menit untuk relaksasi otot, sehingga otot yang terasa kaku akan dapat rileks kembali.

3. Scrubbing.

Untuk membantu pengangkatan sel kulit mati pada kulit tubuh, dilakukan scrubbing dengan bahan dari rumpu laut. Butiran halusnya mampu mengangkat sel kulit mati yang membandel.

4. Masker.

Setelah scrub diangkat dari tubuh, dilakukan masker untuk mencerahkan, melembabkan dan melembutkan kulit Anda. Warna hijau yang segar pada masker yang diaplikasikan akan meningkatkan mood Anda menjadi lebih positif.

5. Body lotion.

Setelah mandi untuk membersihkan tubuh dari sisa-sisa treatment, terutama masker, kemudian dilakukan aplikasi body lotion yang bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit. 
06.42 | 0 komentar

7 Fungsi Darah untuk Manusia

Written By keripix singkong on 11/03/15 | 06.38

7 Fungsi Darah untuk Manusia - Darah sangat penting bagi proses metabolisme tubuh manusia. Persediaan darah ke seluruh tubuh dipompa oleh jantung. Darah mengalir melalui pembuluh-pembuluh darah yang tersebar di seluruh tubuh manusia.

Dan salah satu nama pembuluh darah yang terkenal adalah pembuluh darah nadi yaitu pembuluh darah yang berfungsi untuk mengangkut darah menuju jantung, lalu dipompa dan dialirkan kembali ke seluruh tubuh manusia



Begitu besar manfaat darah untuk manusia, coba kalin bayangkan kalau jumlah volume darah kita berkurang atau berlebih, pasti kalian akan mengalami sakit. Begitu pula kalau jalannya darah ada gangguan, maka kita akan sakit secara mendadak, misalnya adalah serangan jantung dan stroke.

Sudah seharusnya kita menjaga kesehatan darah kita sendiri dengan pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi serta berolahraga secara teratur, dan kalau bisa biasakan diri untuk berpuasa barang sekali dua kali dalam seminggu atau sebulan agar kesehatan tetap terjaga.

Nah, inilah Tujuh Fungsi Darah

1. Mengangkut sari makanan dari usus ke seluruh tubuh.
2. Mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
3. Mengangkut karbondioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru.
4. Mengangkut zat-zat sisa yang tidak berguna ke ginjal dan kulit.
5. Mengatur suhu tubuh.
6. Menutup luka.
7. Membinasakan bibit penyakit.

Selain pembuangan yang ada dua itu, ternyata masih ada pembuangan lainnya yaitu ginjal dan kulit, minimal untuk menampung zat-zat sisa yang sudah tidak digunakan oleh tubuh. Selanjutnya akan dibuang melalui keringat.
06.38 | 0 komentar

Produk Perawatan Mengatasi Bekas Jerawat

Written By keripix singkong on 09/03/15 | 06.34

Jerawat biasanya sering muncul pada kulit yang berminyak. Jika Anda merasa bahwa kulitnya kering, kemungkinan kekeringannya adalah karena kekurangan kadar air (dehidrasi). Lalu bagaiman kalau ada bekas jerawat dan membekas di kulit?

Untuk perawatannya, Anda dapat menggunakan perawatan kulit berminyak, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu pemilihan tonic penyegar dan pemilihan pelembab.


Perawatan yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

Pagi

  • Facial wash.
  • Milk cleanser.
  • Skin tonic.
  • Moisturizer gel moisturizer.
  • Acne sun protection gel.
  • Face powder.

Sore hari

  • Facial wash.
  • Milk cleanser.
  • Milk cleanser skin tonic.
  • Skin tonic natural honey.
  • Gel whitening cream (pada flek bekas jerawat).
06.34 | 0 komentar

Kenali Gejala Khas Chikungunya

Written By keripix singkong on 07/03/15 | 06.27

Meskipun sama-sama disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti, namun chikungunya memiliki gejala yang berbeda dari penyakit demam berdarah. Selain mual dan demam sebagai salah satu gejalanya, mereka yang terkena virus chikungunya juga akan mengalami kelumpuhan sementara alibat sara nyeri yang hebat di daerah persendian tubuhnya.



Musim penghujan seperti sekarang ini memang rentan munculnya berbagai macam penyakit. Karena pada saat seperti sekaranglah banyak sekali bermunculan nyamuk-nyamuk yang berbahaya yaitu salah satunya adalah nyamuk aedes aegypti. Selain bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, nyamuk tersebut juga membawa virus yang berbeda, yakni virus chikungunya.

Gejala Khas

Gejala khas yang terlihat jika Anda terkena virus chikungunya ini adalah rasa nyeri dan linu pada bagian persendian tubuh. Sehingga orang akan menjadi malas untuk berjalan, karena kalau dipaksakan maka akan terasa sangat sakit sekali. Oleh karena itu, banyak orang yang mengatakan lumpuh sementara, padahal sebenarnya tidak lumpuh, kaki masih bisa dibuat untuk berjalan.

Ternyata rasa nyeri inilah yang membuat kelumpuhan sementara tidak hanya identik dengan kaki, namun juga beberapa anggota tubuh lainnya. Jika seseorang menderita penyakit chikungunya, maka otomatis seluruh persendian badan akan diserang terutama sendi-sendi besar seperti kaki, pinggul dan lutut.


Diawali dengan Demam Tinggi

Sebagaimana halnya demam berdarah, gejala lainnya jika terkena penyakit chikungunya ini diawali juga dengan demam tinggi. Demam tinggi yang Anda alami bisa mencapai suhu badan berkisar 38-39 derajat celcius. Kemudian pada hari ketiga hingga kelima, demam akan menurun, namun Anda akan merasa mual, pusing, sakit kepala dan nyeri sendi.


Karena itu, sebagai langkah awal pertolinhan pertama yang harus dilakukan adalah mengatasi atau mengobati panas yang tinggi tersebut. Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.
Selain itu, minum air putih yang banyak dan juga istirahata yang cukup bisa mempercepat penyembuhannya.
06.27 | 0 komentar

3 Faktor Penyebab Bayi Sungsang

Written By keripix singkong on 05/03/15 | 06.23

Salah satu kekhaawtiran ibu hamil adalah ketika mengetahui janin dalam rahimnya dalam posisi sungsang. Selain dengan tetap rutin memeriksakan kehamilan dan menjaga kesehatan tubuh, ibu hamil bisa melakukan beberapa terapi diantaranya adalah terapi sujud agar posisi bayi kembali normal.

Bayi sungsang tidak selamanya dikatakan sebagai kelainan kelahiran. Karena posisi bayi bisa saja berubah-ubah, apalagi usia kandungan setelah tujuh bulan. Masa usia itulah bayi bergerak bebas dan berkembang di dalam kandungan. Karena itu, wajar jika posisi bayi selalu berubah hingga menjelang kelahiran bayi.


Sungsang Bisa Dideteksi Dini

Posis bayi dalam kondisi sungsang sebenarnya bisa dideteksi dini. Orang tua bisa melakukan deteksi ketika usia kandungan sudah di atas tujuh bulan. Si ibu bisa merasakan, apakah gerakan bayi dalam kandungannya lebih banyak di bawah atau di atas. Selain itu, bisa juga diketahui dengan meraba perut ibu, namun hal ini sebaiknya dilakukan oleh dokter atau bidan.

Bisa diketahui sungsang atau tidak dengan cara merabanya. Jika perut atas yang keras, berarti kemungkinan bayi sungsang. Sedangkan kalau yang keras ada di bawah, berarti tidak sungsang atau sudh dalam posisi yang tepat dimana kepala bayi sudah ada di bawah. Keras tidaknya tadi sebenarnya adalah dari kepala bayi.

Kemudian, si ibu bisa merasakan jika posis kepala bayi ada di atas, si ibu akan merasakan perutnya seakan besar di bagian atas, dan kalau bernafas menjadi berat. Untuk lebih mengetahui dengan jelasnya,rang tua bisa memeriksakan kandungan ke dokter atau juga melalui USG (Ultrasonologi) agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.

3 Faktor Penyebab Bayi Sungsang

Ada tiga faktor penyebab terjadinya bayi sungsang.

1. Karena Kondisi Bayi.
Bayi yang mengalami cacat janin akan berpeluang mengalami kondisi sungsang. Seperti janin yang mengalami hydrocephalus dan juga bayi yang besar.

2. Dari Ibu.
Ibu yang mempunyai pangggul yang sempit, bayi yang ada dalam kandungan bisa berpeluang untuk sungsang.

3. Oleh Faktor Lain.
Seperti plasenta yang menutupi jalan lahir bayi, ada miom, tumor dalam kandungan ibu, air ketuban yang terlalu banyak hingga lilitan tali pusar.

Air ketuban yang terlalu banyak juga bisa membuat bayi bergerak bebas dalam kandungan. Sehingga bayi memiliki kemungkinan besar dalam kondisi sungsang.

Sedangkan bayi sungsang itu ada tiga macam, yaitu:
  • Sungsang dengan bokong dan kaki di bawah.
  • Sungsang dengan posisi hanya bokong yang di bawah.
  • Sungsang dengan kaki bayi di bawah.
06.23 | 0 komentar

4 Macam Golongan Darah Manusia

Written By keripix singkong on 03/03/15 | 06.21

Darah termasuk salah satu alat vital manusia karena kalau terjadi error pada darah, maka seseorang akan menjadi sakit, entah itu karena penyakit atau penyebab lainnya.

Begitu pentingnya kegunaan darah sampai-sampai seseorang bisa sekarat kalau kekurangan dan bisa langsung ambruk tersungkur. Bersyukurlah kita yang masih diberi kesehatan selama ini oleh Tuhan.


4 Macam Golongan Darah Manusia


Darah manusia dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu:
1. Golongan darah A.
Dapat memberi pada golongan darah A dan AB.
Dapat menerima dari golongan darah A dan O.

2. Golongan darah B.
Dapat memberi pada golongan darah B dan AB.
Dapat menerima dari golongan darah B dan O.

3. Golongan darah AB.
Hanya dapat memberi kepada golongan darah AB.
Dapat menerima dari semua golongan darah sehingga disebut resipien universal.

4. Golongan Darah O.
Dapat diberikan ke semua golongan darah, sehingga disebut pendonor universal.
Hanya dapat menerima dari golongan darah O saja.

Itulah keempat golongan darah manusia yang patut untuk kita ketahui, siapa tahu suatu saat nanti kita membutuhkan informasi ini misalnya saja ingin membantu teman kita yang hampir kehabisa darah dan ternyata dara kita bisa didonorkan untuk mereka tanpa melalui cek darah lagi karena kita sudah mengetahui golongan darah di atas.
06.21 | 0 komentar

Penyakit yang Timbul Karena Hawa Dingin

Written By keripix singkong on 01/03/15 | 06.14

Penyakit yang Timbul Karena Hawa Dingin  - Rasa nyeri pada tubuh akibat hawa dingin memang sesuatu yang wajar. Namun apabila rasa nyeri ini dibiarkan berkepanjangan, akan berdampak pada turunnya daya tahan tubuh. Dan kalau daya tahan tubuh sudah menurun, maka penyakit yang macam-macam akan mudah datang menyerang.

Nyeri adalah suatu gejala yang sangat subyektif. Biasanya agak sulit melihat adanya nyeri kecuali adanya keluhan dari penderita itu sendiri. Rasa nyeri muncul akibat adanya stimulus pada sistem sensorik tubuh. Stimulus rasa nyeri bisa disebabkan karena adanya panas, dingin, rabaan dan tekanan.

Berbicara mengenai hawa dingin yang mengakibatkan rasa nyeri pada tubuh, hal itu adalah wajar saja terjadi karena mengingat dingin termasuk ke dalam salah satu jenis stimulus rasa nyeri.


Dapat Menyerang Seluruh Tubuh

Stimulus hawa dingin dapat menyerang ke semua bagian tubuh sehingga bisa dikatakan reseptor ada di semua bagian tubuh. Dimana pun stimulus diberikan, maka akan timbul rasa nyeri. Hanya saja, di daerah kulit kita ada yang sifatnya sensitif dan tidak, ini yang mempengaruhi letak bagian tubuh mana yang akan terkena rasa nyeri.

Hal senada juga terjadi pada seseorang yang memang tubuhnya sudah mengalami kerusakan, misalnya sakit rematik. Rematik itu sendiri dikarenakan terjadinya proses peradangan pada nyeri atau bisa dikatakan sebagai kerusakan pada sendi. Peradangan atau kerusakan ini merupakan suatu stimulus adanya nyeri.
"Jadi, jika ketambahan efek hawa dingin, maka stimulus menjadi betambah dan mengakibatkan banyak orang yang terkena rematik yang ditambah karena hawa dingin akan merasakan nyeri yang sangat sakit sekali."
Namun untuk orang yang normal tanpa rematik, rasa nyeri akibat hawa dingin akan menyerang bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh penutup tubuh, misalnya daerah tangan, muka dan kaki. Hal ini disebabkan karena stimulus yang berupa hawa dingin ini langsung bisa dirasakan oleh kulit tubuh.

Berbeda halnya dengan bagian tubuh yang ditutup dengan penutup tubuh, maka stimulus tidak akan langsung bisa dirasakan sehingga tidak sampai menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri yang dirasakan tidak hanya berupa rasa sakit saja, tetapi juga rasa tidak nyaman dalam tubuh. Stimulus akan masuk melalui kulit, maka secara otomatis syaraf tubuh akan terangsang kemudian diteruskan ke sumsum tulang belakang melalui syaraf tepi dan langsung diteruskan ke otak, dan di dalam otak akan diproses hingga menciptakan suatu persepsi.

Nah, persepsi inilah yang nantinya memberikan rasa nyeri yang berupa rasa sakit dan tidak nyaman dalam tubuh. Proses yang demikian ini berlangsung sangat cepat.

Dampak

Rasa nyeri akibat hawa dingin ini termasuk dalam kondisi tubuh yang wajar dan tidak memberikan efek timbulnya penyakit-penyakit lain di kemudian hari. Namun tetap harus diwaspadai karena apabila Anda sering mengalami nyeri akibat hawa dingin ini secara terus menerus, maka akan dapat merusak daya tubuh.

Hal ini disebabkan begitu banyaknya zat antibodi yang dikeluarkan, maka lama kelamaan zat antibodi dalam tubuh akan melemah dan lama kelamaan bisa rusak.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa yang disarankan yaitu dengan memberikan obat analgesik (obat anti nyeri) yang sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Sedangkan untuk pencegahan yaitu dengan memakai jaket ataupun pelindung tubuh yang lsin pada kulit tubuh yang dirasa sensitif jika terkena hawa dingin. Dengan begitu, stimulus nyeri yang berupa hawa dingin tidak akan sampai menyerang dan menimbulkan rasa nyeri pada tubuh. Terlebih buat orang yang memang sudah memiliki kerusakan pada sendi.
06.14 | 0 komentar

Welcome Guys

Google+ Followers

Like Us On Facebook

Total Tayangan Laman

Follow by Email

Ads

Ads